Saturday, May 14, 2016

Kalimat Motivasi dan Inspirasi Gawul

Hidup memang penuh tantangan dan rintangan, tetapi semua akan menjadi kenangan jika kita sabar, gigih, dan tawakal dalam memenangkan pertarungan. simak video Kalimat Motivasi dan Inspirasi ini



Wednesday, May 11, 2016

Piknik Gawul Gunung Sindoro

Dear Kawan…

Beberapa hari yang lalu aku dan teman-teman naik ke gunung Sindoro. Gunung ini terletak di kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Gunung ini memiliki ketinggian 3152 mdpl dengan kawah dipuncaknya.

Oh ya kawan, waktu itu kami berangkat dari basecamp kledung. Untuk menuju basecamp kledung ini bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi seperti motor/ mobil. Atau bisa juga menggunakan kendaraan umum. Kendaraan umum yang biasa melintasi basecamp kledung adalah bus jurusan Temanggung – Wonosobo.Tidak terlalu sulit untuk menjangkaunya karena letak basecamp tepat berada disisi jalan raya.

Dari basecamp butuh waktu sekitar 3 – 4 jam perjalanan untuk menuju Pos 3 dengan track yang naik turun. Di Pos 3 ini adalah tempat yang disarankan oleh penjaga taman nasional G. Sindoro untuk mendirikan tenda dan bermalam, mengapa demikian ? karena lebih dari dari Pos 3 angin berhembus sangat kencang dan di khawatirkan dapat membahayakan.

Setelah semalam beristirahat paginya kami beranjak menuju puncak. Waktu yang disarankan untuk berada dipuncak adalah pukul 07.00 - 11.00, di luar jam tersebut asap belerang keluar dari dalam kawah yang bisa membuat para pendaki merasa pusing dan hilang kesadaraan alias pingsan.




Dari gunung Sindoro ini kita bisa melihat pemandangan gunung Sumbing disisi seberangnya. Benar-benar elok sekali kita punya ini negeri. Gak perlu jauh-jauh untuk menikmati pengalaman adventure. Cobalah sekali-kali untuk mengunjungi tempat ini.





































Cerita perjalananku kemarin sudah aku rangkum dalam bentuk video… selemat menonton.  Jangan lupa like & subscribe, share juga agar teman-temanmu juga tahu









Wednesday, March 30, 2016

Piknik Gunung Merbabu

Assalamu’alaykum dulur… hahaha

Kali ini aku mau ajak kalian piknik ke G. Merbabu. Gunung ini terletak di kabupaten Boyolali, dua jam perjalanan dari kota Yogyakarta lewat jalur darat untuk menuju pintu pendakian di desa Selo.


Puncak Trianggulasi, G. Merbabu


Cerita kali ini udah aku rangkum lewat Vlog, jadi sahabat Gawul gak perlu pusing-pusing lagi baca tulisanku yang gak jelas ini. Walaupun videonya juga gak jelas tapi seenggakya ada gambarnya lah… Sebelumnya harap maklum ya kalo pengambilan gambar, konsep, dan audionya kacau, baru belajar nge-vlog & editing soalnya.

Ngomong-ngomong tentang piknik, aku memang lebih senang piknik daerah pegunungan.  Gak tau kenapa, rasanya asik aja, suasananya tenang, damai, yang jelas dingin hehehe… apalagi kalo udah sampai puncak, rasanya puas bukan main, bermain di atas awan seperti serial doraemon.


Ok, let’s watching..




Tuesday, March 15, 2016

Menari Dalam Ilmu

Hari itu.. suasana perpustakaan tak begitu ramai, tidak seperti biasanya yang dipenuhi mahasiswa-mahasiswa tahun pertengahan yang sibuk mengerjakan laporan dan tugas kuliah. Kali ini hanya ada beberapa orang saja yang sedang melakukan kegiatannya masing-masing. Ada yang baca buku, baca Koran, revisi proposal, atau cuma numpang wifi gratisan.

 
Ilustrasi Perpustakaan


Termasuk aku yang hari itu memutuskan untuk main-main ke perpustakaan sembari menunggu dosen pembimbing. Jadwal bimbingan pukul 14.30 WIB, sekarang masih 13.45 masih sekitar 45 menit lagi. Waktu ini aku manfaatkan memperdalam materi topik penelitianku.

Diantara rak-rak yang berjejer rapi, berderet puluhan hingga ratusan buku. Beragam judul dari berbagai tema tersedia dalam ruang itu. Banyak pilihan yang telah dipilah, persoalannya adalah lu mau baca buku apa.. ?. Gak perlu ba.. bi.. bu.. lagi tinggal ketik di komputer katalog cari judul yang dicari dan yess.. komputernya rusak, parah.

Sempat pinjam laptop seorang teman, namanya Hartono, mahasiswa satu angkatan denganku. Teman seperjuangan ketika masih di lembaga. Alangkah baiknya temanku itu walaupun sedang sibuk mengerjakan sesuatu tapi Ia bersedia meminjamkan laptopnya yang terkoneksi dengan wifi kampus buat cari buku yang dimaksud, tapi karena gak tau caranya, akhirnya cuma menghabiskan waktunya. sorry ya, Har.. hehhe

Cari manual aja, menyusuri rak demi rak, bagian demi bagian, sudut demi sudut, sampai akhirnya menemukan buku yang cocok, Pengembangan Produk. Setelah dapat itu buku, ambil posisi duduk dan baca. Aku duduk di posisi paling ujung, bersebelahan dengan mejanya Hartono. cari yang deket AC.. hehehe.

Di bawah cahaya matahari yang menerobos masuk lewat jendela kaca. Di belakang  sebuah meja baca yang terbuat dari kayu dengan sekat-sekat kecil yang membatasinya, di dalam keheningan suasana perpustakaan. Ku buka buku berwarna biru itu, ku baca halaman demi halaman pada kertas yang kian kusam termakan zaman.

Detik jam terus berdetak, mengalunkan irama yang teratur. Irama yang hanya bisa dirasakan mereka yang menikmatinya. Buku itu masih terbuka halaman demi halaman, bagian demi bagian. Aku bukanlah orang yang suka membaca, tapi apa yang terjadi hari itu berbeda dari sebelumnya. Hanya dari sebuah buku, menyadarkanku dari kebodohan dan ketidaktahuan tentang ilmu, tentang hal yang baru, tentang sebuah penemuan dan kebermanfaat yang luar biasa.

Entah apa yang terjadi hari itu, tiba-tiba aku seperti tak mengenal diriku. Seketika aku berada di sebuah tempat yang asing bagiku. Tempat yang belum pernah ku datangi sebelumnya. Aku masuk dimensi ruang dan waktu, seakan menari dalam ilmu. Tokoh-tokoh sains itu seakan duduk di sebelahku menerangkan satu demi satu. Berbagai teori dan pendapat orang akan ilmu kini terngiang di kepalaku. Perlahan tapi pasti aku memahami apa yang aku tak tahu.



30 menit berlalu dan Astaghfirullah hal azhiim



Kuangkat kepalaku dan Kulihat di sampingku, Hartono masih asyik dengan buku dan laptopnya. Ia sekilas melihat ke arahku sambil tersenyum mengejekku. Kurasakan ada yang beda pada mulutku, dan buku yang ada didepanku telah basah di halaman 67.



Ternyata sudah pukul 14.30.  Parah, hartono gak bangunin… !!  telat bimbingan cuyy…



  

Sunday, March 13, 2016

Debby Susanto dan Praveen Jordan Juara All England 2016

gambar : tribunnews.com







Selamat atas kemenangan pasangan ganda gampuran Indonesia (Debby Susanto/ Praveen Jordan) dalam ajang All England 2016 yang diselenggarakan di Barclaycard Arena, Birmingham, Inggris pada hari Minggu (13/3/2016). setelah dalam babak final mengalahkan pasangan ganda campuran Denmark (Joachim Fischer Nielsen/ Christinna Pedersen) dengan dua set langsung 21 -14, 21 -17.

Dalam pertandingan ini pertarungan begitu menegangkan bagi lawan, kalo bagi pihak pemenang kayaknya gak deh. Bagaimana tidak dari set pertama pasangan Debby Susanto dan Praveen Jordan selalu memimpin perolehan angka hingga selisih tujuh point sebelum akhirnya menutup set pertama dengan angka 21 – 14.

Pukulan-pukulan smash dan dropshoot dari Praveen Jordan tersaji menarik dan menjadi senjata andalan pasangan Indonesia. Begitu pula dengan Deeby Susanto, kecekatannya dalam menghadapi bola-bola depan adalah tantangan yang sulit bagi pasangan Denmark. 

Di awal set kedua pasangan Denmark sempat memimpin tapi gak banyak Cuma 2 – 3, hingga akhrinya pasangan Indonesia ini mampu menyamakan kedudukan dan mempertahankan konsistensi permainan. Tak kalah, pasangan Denmark juga berkembang. Kedudukan kembali sama di angka 16 -16.

Seiring berjalannya permainan Christinna Pedersen sering malakukan kesalahan-kesalahan, sehingga point terus bertambah untuk pasangan Indonesia, hingga pada penutupan laga berakhir dengan angka 21 -17 untuk kemenangan Pasangan Indonesia Debby Susanto/ Praveen Jordan.

Ini merupakan gelar All England pertama bagi mereka sekaligus satu-satunya gelar bagi Indonesia di All England 2016. Alhamdulillah ini lebih baik dari tahun lalu yang tidak mendapat gelar satupun.

Dalam pertandingan ini aku bersyukur telah diberikan kesempatan untuk menonton pertandingan secara langsung, meskipun lewat televisi… hehehe. Terimakasih kompas tv.

Wednesday, March 9, 2016

Mimpi Yang Tertunda

Assalamu’alaykum guys, kali ini aku akan bercerita tentang kegiatanku di hari itu… kenapa “di hari itu” karena sudah lewat, kalo “di hari ini” berarti masih terjadi. kapan aku nulisnya kalo “hari ini” ? lanjut…


8 maret 2016, pukul 06.00 WIB. Sepeda motor kesayanganku harus memforsir tenaganya, tanpa pemanasan langsung kuajak ngebut. Aku terlambat, hari ini ada kuliah Umum dari bapak Presiden dan pembukaan acara WMM (Wirausaha Muda Mandiri), tapi bukan itu yang membuatku buru-buru ada hal penting yang menjadi ciri khas mahasiswa. Apa itu ? makan gratis bro.. yup sarapan. Hahaha.

Dan kali ini aku ditemani Sahabat Catur dan Sumakna… Yeeyyyy, kami rekan satu angkatan guys, angkatan tua… hahaha. Apalagi si Sumakna tuh, kalo kalian ketemu doi pasti bakal hormat, udah kayak dosen. Hahaha….  #bercanda.

Tapi pagi ini bener-bener kaget, lha piye… menu sarapannya ekstrim, bro ! ayam goreng KFC plus PEPSI. Bayangin gimana lambungmu, masih kosong tiba-tiba harus berjibaku melawan kerasnya soda. Tapi namanya mahasiswa apalagi perantauan apa aja asal kenyang dan halal.. Siikkaaaatt.



Sarapan pake soda




















Makannya di luar sambil lesehan. Banyak netizen yang bilang kalo kampus ini benar-benar merakyat, seluruh element yang ada di sini sangat rendah hati dan tidak sombong, lihat aja tuh sama-sama makan nasi kotak sambil lesehan bareng-bareng. Ini namanya kampus kerakyatan, semua Mahasiswanya dituntut merakyat… weeee keren gak tuh ?, liat aja alumninya yang sekarang sudah jadi presiden juga merakyat.

Kita bandingkan dengan mahasiswa luar. Apa yang kalian pikirkan ?.




Antara Mahasiswa Sini dan Sana















Ok, abaikan… !




Pukul 9 acara dimulai.. bentar, sudah dimulai atau baru mulai ? Yaaa.. baru mulai lah, dan kalian pasti paham berangkat jam 6 dimulai jam 9. Bukan molor, hanya merasa tertipu.. Huffhh.

Acara ini ada diskusi panelnya juga. Pengisinya dari alumnus WMM dan pengusaha sukses ambil contoh mbak Dian Pelangi… ahh baru tahu kalo mbak Dian pelangi ternyata tinggi banget, atau akunya yang gak tinggi ? ok, lupakan. Ada mas Ahmad Zaky dari bukalapak.com, trus ada macem-macem hahaha… males nyebutin satu – satu.


Sesi dikusi panel dengan pelaku usaha








Mereka bercerita tentang perjalanannya membangun bisnis. Mungkin banyak dari kita yang berpikir menjadi pengusaha itu mudah, cepet kaya, hidup bermewah -mewah. Tapi buat mencapai semua itu ada pengorbanan yang harus dibayar, harus terseok-seok dan berdarah-darah, dan yang pasti butuh waktu yang panjang. Sebuah proses yang dimana banyak orang memilih membanting stir menjadi seorang pegawai…  kita perhalus bahasanya menjadi Profesional.

Misalnya mas Zaky yang software buatannya hanya dihargai 1 juta dari yang seharusnya 300jt. Buseett jauh banget… atau mbak Rieska owner Justmine Pisang Ijo yang muali usaha dari masa sekolah dan harus rugi ratusan juta sebelum akhirnya menemukan pola suksesnya, sekarang Ia punya 400 outlet di seluruh Indonesia. Wooww



Waktu terus berjalan dan diberitahukan bahwa Presiden tidak jadi hadir dan diwakilkan oleh Menteri Koperasi dan UKM bapak Puspayoga. Ehh.. ada ngarso dalem Sultan Hamengkubuwono X juga selaku Gubernur Propinsi DIY.

Beberapa pejabat menyampaikan sambutan dan pidato singkatnya, mulai dari pejabat kampus sebagai tuan rumah, Bank Mandiri sebagai pihak penyelengggara, dan pejabat Negara. Coba tebak, selama sesi ini apa yang terjadi ?


Yupp... kalo kamu pernah mengalaminya berarti kamu pernah ikut seminar









































Sambutan selesai saatnya sesi paling dinantikan, yaitu pengumuman pemenang WMM. Aku sebenernya nyesek mau nulis bagian ini, tapi demi kalian sahabat gawul tercinta, tak kuat-kuatin nulisnya. Gimana gak ? dua kali aku daftar ini lomba, dan hanya lolos sampai administrasi. Hikss…hikkss… hikkss

Disaat yang lain maju ke depan, aku cuma bisa foto dari belakang











Tapi gak boleh nyerah, Sob… genjot terus. Bisa jadi batch berikutnya aku bisa masuk nominasi, atau mungkin suksesku bukan di ajang ini. Kalian semua pasti bertanya emang aku punya usaha ? Yah.. aku memang lagi merintis usaha yang saat ini jadi topik skripsiku sendiri. Gak usah heboh… biasa aja !

Jutsru berat karena penilaian sesungguhnya ada di dunia nyata bukan sekedar mempertahankan argument saat sidang. Mohon doanya ya… kapan-kapan aku ceritain tentang bisnisku kalo sukses, kalo gak ya tetep tak ceritain biar kalian tau kenapa bisa gak sukses.. walaupun agak baper waktu nulisnya, but it’s ok.. for you all.



Ya.. acara terus berjalan ada stand up comedy, ada pertunjukan tari, ada music dari jogja hip hop foundation. Maaf gak ada gambarnya, gak kelihatan soalnya duduknya di belakang.

Dan akhirnya, bung… persembahan terakhir dari seseorang yang namanya seperti rasa sayangku padamu, yaitu Tulus.


Penampilan dari Tulus







































Serius ini orang tinggi banget. 186 cm cuy… kebayanglah kalo jejer sama aku yang cuma 162 cm, bisa dibilang menara tak kembar. Aku tau pertama kali tentang Tulus itu dari teman KKN, namanya Rico. Setiap pagi di pondokan dia selalu muterin lagu yang judulnya apa tuh… Sewindu kalo gak salah, kenapa gak dasawarsa aja ya biar lama’an atau seabad, kalo mau cepet ya semester atau caturwulan :D


Dan persembahan dari Tulus menjadi akhir dari acara tersebut sekaligus artikel ini





Itulahku  kegiatan hari itu semoga menginspirasi dan bermanfaat apabila ada salah kata mohon dimaafkan, kalo ada kelebihan mohon dikembalikan karena itu bukan hak anda !. Kalo bagus bilang ke teman, kalo jelek bilang ke aku.

Ok, See U Next Post on bzet daily

Wassalamu’alaykum Warahmatullah Wabarakatuh