Tuesday, March 15, 2016

Menari Dalam Ilmu

Hari itu.. suasana perpustakaan tak begitu ramai, tidak seperti biasanya yang dipenuhi mahasiswa-mahasiswa tahun pertengahan yang sibuk mengerjakan laporan dan tugas kuliah. Kali ini hanya ada beberapa orang saja yang sedang melakukan kegiatannya masing-masing. Ada yang baca buku, baca Koran, revisi proposal, atau cuma numpang wifi gratisan.

 
Ilustrasi Perpustakaan


Termasuk aku yang hari itu memutuskan untuk main-main ke perpustakaan sembari menunggu dosen pembimbing. Jadwal bimbingan pukul 14.30 WIB, sekarang masih 13.45 masih sekitar 45 menit lagi. Waktu ini aku manfaatkan memperdalam materi topik penelitianku.

Diantara rak-rak yang berjejer rapi, berderet puluhan hingga ratusan buku. Beragam judul dari berbagai tema tersedia dalam ruang itu. Banyak pilihan yang telah dipilah, persoalannya adalah lu mau baca buku apa.. ?. Gak perlu ba.. bi.. bu.. lagi tinggal ketik di komputer katalog cari judul yang dicari dan yess.. komputernya rusak, parah.

Sempat pinjam laptop seorang teman, namanya Hartono, mahasiswa satu angkatan denganku. Teman seperjuangan ketika masih di lembaga. Alangkah baiknya temanku itu walaupun sedang sibuk mengerjakan sesuatu tapi Ia bersedia meminjamkan laptopnya yang terkoneksi dengan wifi kampus buat cari buku yang dimaksud, tapi karena gak tau caranya, akhirnya cuma menghabiskan waktunya. sorry ya, Har.. hehhe

Cari manual aja, menyusuri rak demi rak, bagian demi bagian, sudut demi sudut, sampai akhirnya menemukan buku yang cocok, Pengembangan Produk. Setelah dapat itu buku, ambil posisi duduk dan baca. Aku duduk di posisi paling ujung, bersebelahan dengan mejanya Hartono. cari yang deket AC.. hehehe.

Di bawah cahaya matahari yang menerobos masuk lewat jendela kaca. Di belakang  sebuah meja baca yang terbuat dari kayu dengan sekat-sekat kecil yang membatasinya, di dalam keheningan suasana perpustakaan. Ku buka buku berwarna biru itu, ku baca halaman demi halaman pada kertas yang kian kusam termakan zaman.

Detik jam terus berdetak, mengalunkan irama yang teratur. Irama yang hanya bisa dirasakan mereka yang menikmatinya. Buku itu masih terbuka halaman demi halaman, bagian demi bagian. Aku bukanlah orang yang suka membaca, tapi apa yang terjadi hari itu berbeda dari sebelumnya. Hanya dari sebuah buku, menyadarkanku dari kebodohan dan ketidaktahuan tentang ilmu, tentang hal yang baru, tentang sebuah penemuan dan kebermanfaat yang luar biasa.

Entah apa yang terjadi hari itu, tiba-tiba aku seperti tak mengenal diriku. Seketika aku berada di sebuah tempat yang asing bagiku. Tempat yang belum pernah ku datangi sebelumnya. Aku masuk dimensi ruang dan waktu, seakan menari dalam ilmu. Tokoh-tokoh sains itu seakan duduk di sebelahku menerangkan satu demi satu. Berbagai teori dan pendapat orang akan ilmu kini terngiang di kepalaku. Perlahan tapi pasti aku memahami apa yang aku tak tahu.



30 menit berlalu dan Astaghfirullah hal azhiim



Kuangkat kepalaku dan Kulihat di sampingku, Hartono masih asyik dengan buku dan laptopnya. Ia sekilas melihat ke arahku sambil tersenyum mengejekku. Kurasakan ada yang beda pada mulutku, dan buku yang ada didepanku telah basah di halaman 67.



Ternyata sudah pukul 14.30.  Parah, hartono gak bangunin… !!  telat bimbingan cuyy…



  

2 comments:

  1. Wah sdh bnyk jg ya tulisan (y)
    Salam Sukses Sejahtera : http://blogger4biz.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Wah sdh bnyk jg ya tulisan (y)
    Salam Sukses Sejahtera : http://blogger4biz.blogspot.com

    ReplyDelete