Wednesday, March 9, 2016

Mimpi Yang Tertunda

Assalamu’alaykum guys, kali ini aku akan bercerita tentang kegiatanku di hari itu… kenapa “di hari itu” karena sudah lewat, kalo “di hari ini” berarti masih terjadi. kapan aku nulisnya kalo “hari ini” ? lanjut…


8 maret 2016, pukul 06.00 WIB. Sepeda motor kesayanganku harus memforsir tenaganya, tanpa pemanasan langsung kuajak ngebut. Aku terlambat, hari ini ada kuliah Umum dari bapak Presiden dan pembukaan acara WMM (Wirausaha Muda Mandiri), tapi bukan itu yang membuatku buru-buru ada hal penting yang menjadi ciri khas mahasiswa. Apa itu ? makan gratis bro.. yup sarapan. Hahaha.

Dan kali ini aku ditemani Sahabat Catur dan Sumakna… Yeeyyyy, kami rekan satu angkatan guys, angkatan tua… hahaha. Apalagi si Sumakna tuh, kalo kalian ketemu doi pasti bakal hormat, udah kayak dosen. Hahaha….  #bercanda.

Tapi pagi ini bener-bener kaget, lha piye… menu sarapannya ekstrim, bro ! ayam goreng KFC plus PEPSI. Bayangin gimana lambungmu, masih kosong tiba-tiba harus berjibaku melawan kerasnya soda. Tapi namanya mahasiswa apalagi perantauan apa aja asal kenyang dan halal.. Siikkaaaatt.



Sarapan pake soda




















Makannya di luar sambil lesehan. Banyak netizen yang bilang kalo kampus ini benar-benar merakyat, seluruh element yang ada di sini sangat rendah hati dan tidak sombong, lihat aja tuh sama-sama makan nasi kotak sambil lesehan bareng-bareng. Ini namanya kampus kerakyatan, semua Mahasiswanya dituntut merakyat… weeee keren gak tuh ?, liat aja alumninya yang sekarang sudah jadi presiden juga merakyat.

Kita bandingkan dengan mahasiswa luar. Apa yang kalian pikirkan ?.




Antara Mahasiswa Sini dan Sana















Ok, abaikan… !




Pukul 9 acara dimulai.. bentar, sudah dimulai atau baru mulai ? Yaaa.. baru mulai lah, dan kalian pasti paham berangkat jam 6 dimulai jam 9. Bukan molor, hanya merasa tertipu.. Huffhh.

Acara ini ada diskusi panelnya juga. Pengisinya dari alumnus WMM dan pengusaha sukses ambil contoh mbak Dian Pelangi… ahh baru tahu kalo mbak Dian pelangi ternyata tinggi banget, atau akunya yang gak tinggi ? ok, lupakan. Ada mas Ahmad Zaky dari bukalapak.com, trus ada macem-macem hahaha… males nyebutin satu – satu.


Sesi dikusi panel dengan pelaku usaha








Mereka bercerita tentang perjalanannya membangun bisnis. Mungkin banyak dari kita yang berpikir menjadi pengusaha itu mudah, cepet kaya, hidup bermewah -mewah. Tapi buat mencapai semua itu ada pengorbanan yang harus dibayar, harus terseok-seok dan berdarah-darah, dan yang pasti butuh waktu yang panjang. Sebuah proses yang dimana banyak orang memilih membanting stir menjadi seorang pegawai…  kita perhalus bahasanya menjadi Profesional.

Misalnya mas Zaky yang software buatannya hanya dihargai 1 juta dari yang seharusnya 300jt. Buseett jauh banget… atau mbak Rieska owner Justmine Pisang Ijo yang muali usaha dari masa sekolah dan harus rugi ratusan juta sebelum akhirnya menemukan pola suksesnya, sekarang Ia punya 400 outlet di seluruh Indonesia. Wooww



Waktu terus berjalan dan diberitahukan bahwa Presiden tidak jadi hadir dan diwakilkan oleh Menteri Koperasi dan UKM bapak Puspayoga. Ehh.. ada ngarso dalem Sultan Hamengkubuwono X juga selaku Gubernur Propinsi DIY.

Beberapa pejabat menyampaikan sambutan dan pidato singkatnya, mulai dari pejabat kampus sebagai tuan rumah, Bank Mandiri sebagai pihak penyelengggara, dan pejabat Negara. Coba tebak, selama sesi ini apa yang terjadi ?


Yupp... kalo kamu pernah mengalaminya berarti kamu pernah ikut seminar









































Sambutan selesai saatnya sesi paling dinantikan, yaitu pengumuman pemenang WMM. Aku sebenernya nyesek mau nulis bagian ini, tapi demi kalian sahabat gawul tercinta, tak kuat-kuatin nulisnya. Gimana gak ? dua kali aku daftar ini lomba, dan hanya lolos sampai administrasi. Hikss…hikkss… hikkss

Disaat yang lain maju ke depan, aku cuma bisa foto dari belakang











Tapi gak boleh nyerah, Sob… genjot terus. Bisa jadi batch berikutnya aku bisa masuk nominasi, atau mungkin suksesku bukan di ajang ini. Kalian semua pasti bertanya emang aku punya usaha ? Yah.. aku memang lagi merintis usaha yang saat ini jadi topik skripsiku sendiri. Gak usah heboh… biasa aja !

Jutsru berat karena penilaian sesungguhnya ada di dunia nyata bukan sekedar mempertahankan argument saat sidang. Mohon doanya ya… kapan-kapan aku ceritain tentang bisnisku kalo sukses, kalo gak ya tetep tak ceritain biar kalian tau kenapa bisa gak sukses.. walaupun agak baper waktu nulisnya, but it’s ok.. for you all.



Ya.. acara terus berjalan ada stand up comedy, ada pertunjukan tari, ada music dari jogja hip hop foundation. Maaf gak ada gambarnya, gak kelihatan soalnya duduknya di belakang.

Dan akhirnya, bung… persembahan terakhir dari seseorang yang namanya seperti rasa sayangku padamu, yaitu Tulus.


Penampilan dari Tulus







































Serius ini orang tinggi banget. 186 cm cuy… kebayanglah kalo jejer sama aku yang cuma 162 cm, bisa dibilang menara tak kembar. Aku tau pertama kali tentang Tulus itu dari teman KKN, namanya Rico. Setiap pagi di pondokan dia selalu muterin lagu yang judulnya apa tuh… Sewindu kalo gak salah, kenapa gak dasawarsa aja ya biar lama’an atau seabad, kalo mau cepet ya semester atau caturwulan :D


Dan persembahan dari Tulus menjadi akhir dari acara tersebut sekaligus artikel ini





Itulahku  kegiatan hari itu semoga menginspirasi dan bermanfaat apabila ada salah kata mohon dimaafkan, kalo ada kelebihan mohon dikembalikan karena itu bukan hak anda !. Kalo bagus bilang ke teman, kalo jelek bilang ke aku.

Ok, See U Next Post on bzet daily

Wassalamu’alaykum Warahmatullah Wabarakatuh

3 comments: