Monday, October 19, 2015

Apa Itu Zona Nyaman ?



“Keluarlah dari zona nyaman !” itulah kalimat yang sering dilontarkan oleh para motivator. Gak Cuma motivator sih.. guru sama teman-temaku juga sering bilang gitu. Persoalannya adalah kita tahu gak sih apa itu Zona Nyaman (Comfort Zone, kata orang bule). Bukankah kita hidup itu cari nyaman ? kalo gak nyaman kenapa mesti hidup… nah lo, mana yang bener ? 


Kesana kemari aku cari ini jawaban, Tanya orang, baca buku, dengerin musik hehe gak penting ya ? pokoknya intinya cari tahu lah.. Hingga sampai suatu ketika dalam sebuah renungan malam, di kamar, sendiri, sambil mikir, dapat juga kesimpulan apa itu Zona Nyaman. 

Jadi menurut aku sendiri (2015) Zona Nyaman ialah keadaan dimana kita berbangga dengan masa lalu berupa prestasi, kinerja, produktivitas, dan karya sehingga membuat kita merasa cukup dengan apa yang ada tanpa ada perubahan hingga saat ini.

Gimana cara tahu apakah kita sudah keluar dari Zona Nyaman atau masih di dalamnya ?

Cara simpelnya gini.. punya akun media social kan ? coba kamu lihat lagi postingan-postingan masa lalu sejak pertama kali akun dibuat. Kalo kamu ketawa berarti kamu tahu kalo dulu kamu “alay” suka nulis postingan gak penting, ambigu, dll Cuma buat cari like atau komentar netizen. Itu artinya kualitas postinganmu hari ini sudah meningkat secara tidak langsung perlahan kamu mulai meninggalkan dunia “alay”mu itu.

Sebaliknya kalo ternyata ketika kamu  buka itu akun dan ternyata masih ada kebanggaan terhadap dirimu sendiri. Itu artinya kamu tidak berkembang dan masih berada dalam Zona Nyaman.

So.. produktif adalah cara terbaik keluar dari Zona Nyaman. Tentukan targetmu dan Action !!   

No comments:

Post a Comment