Sunday, February 7, 2016

Kita Adalah Perusak


Telah tampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan manusia; Allah menghendaki agar mereka merasakan sebagian dari perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar) “. (Q.S. Ar-Rum : 41)

Entah kenapa aku pengen mentadaburi ayat ini, dan menuliskannya di blog ini

Sangat jelas sekali banget, semua kejadian-kejadian alam yang terjadi di muka bumi ini di sebabkan oleh tangan-tangan kita sendiri. Sadar atau gak berbagai kerusakan pada alam telah kita lakukan. Mulai dari yang kecil seperti membuang sampah sembarangan, hingga pembakaran dan pembalakan hutan secara liar, brutal. Gak heran kalo bencana alam pun datang secara beriringan seakan jadi budaya bagi bangsa ini, misalnya saja banjir, tanah longsor, kekeringan, lumpur lapindo (ehh.. kalo lumpur itu human eror, kejadiaannya baru sekali sih tapi lama selesainya. Kayak skripsi, ups…), munculnya berbagai virus dan penyakit, bahkan bencana yang sedang ngetrend yaitu global warming. Itu hanya sebagian kecil contoh bencana alam yang disebabkan oleh tangan manusia

Kalau boleh tanya nih ya, “ Berapakah korban yang disebabkan oleh bencana tersebut ?.” mungkin sebagian dari anda akan menjawab “ Tidak tahu “. Yaa... suatu jawaban yang sangat jelas untuk melukiskan betapa banyak korban akibat ulah manusia, baik secara rohani, jasmani, material ataupun non material. Paham ? aku gak…

Setelah kita melihat berbagai peristiwa alam yang terjadi di bumi ini apakah kita hanya berdiam diri ?. Yuk perbaiki bumi ini yang tengah di ambang kurusakan. Mulailah dari hal yang kecil aja  seperti membuang sampah pada tempat sampah, bukan pada tempat yang lain. Dan mulailah hal yang kecil itu saat ini juga.

Masih banyak sebenarnya yang bisa kita uraikan dari ayat tersebut, aku rasa teman-teman jauh lebih paham daripada aku tapi sedang lupa aja.. hehehe peace. Ok, mungkin itu yang mau aku coret di sini. Buat pengingat aja pentingnya alam bagi kita. Karena sesungguhnya Allah menciptakan alam semesta dan seisinya untuk kebaikan manusia. Dan kita sebagai manusia berkewajiban untuk menjaga bukan merusak.

Ok, friend… Yess (biarin sok inggris)

No comments:

Post a Comment