Tuesday, July 28, 2015

Jangan Menilai Buku Dari Sampulnya



Dont Judge The Book From The cover - bener gak sih bahasa inggrisnya gitu ?. Ungkapan ini memang benar adanya kalau baik buruknya buku tidak hanya dilihat dari sampulnya saja. ada beberapa faktor yang membuat buku itu dirasa baik atau buruk selain isi seperti daftar isi, kata pengantar, daftar pustaka, penulisnya, dan juga harganya... lebay ya hehehe. Tapi memang itu yang terjadi artinya jangan melihat hanya dari saru sudut pandang tapi lihatlah dari berbagai sisi.

Sama halnya seperti kita manilai seseorang atau menilai pemberitaan tentang suatu hal. Mungkin kita hanya menilai dari headlinenya saja. Padahal belum tentu pihak yang bersangkutan sesuai dengan apa yang kita pikirkan. Maka dari itu kita perlu mendalaminya terlebih dahulu sebelum mengambil kesimpulan. Dalam ungkapan itu dilukiskan dengan membaca isinya. sampai di sini paham ?... terimakasih. Padahal bukan itu yang akan dibahas.

Nah... yang akan kita bahas adalah pentingnya sebuah sampul untuk menjadikan buku menarik dibaca. jadi gini pernahkah anda membeli sebuah buku yang tidak tau apa isinya tetapi anda beli hanya karena suka pada sampulnya atau judulnya ?. Bahkan seorang teman saya membeli sebuah buku hanya karena ia tertarik pada warna sampulnya, ya.. hanya warnanya bukan gambarnya apalagi motifnya, konyol kan ? padahal buku itu tidak ada isinya. kenapa saya tahu itu buku tidak ada isinya ? jelas karena itu adalah buku tulis... hahaha.

Ya, kembali ke sampul. Sampul yang bagus akan menarik pembaca untuk memebaca isi buku bahakan bisa meningkatkan mood pembacanya dan yng paling penting lagi adalah bukunya dibeli. So.. buat kamu para penulis jangan lupa bikin sampul yang bagus ya.

Lalu apa hubungannya dengan kehidupan sehari-hari ?. Kawan perhatikan ini, persepsi seseorang akan akan terbangun dari apa yang kita tampilkan. Orang lain yang baru melihat kita akan menilai kita dari penampilan 6 detik pertama. Itulah pentingnya kita memeperhatikan penampilan. Penampilan yang menarik akan membuat orang tertarik untuk mengenal kita jauh lebih dalam.

Penampilan tidak selalu menggunakan baju yang mahal, make up yang tebal, accesoris yang banyak, ataupun perawatan yang intensif. Penampilan yang baik itu ketika kita terlihat rapi, bersih, dan sopan sehingga mendamaikan siapa saja yang memandangnya bukanya mengumbar syahwat.    


No comments:

Post a Comment